Selasa, 07 Agustus 2018

Pengertian Keyboard DVORAK





A. Pengertian Keyboard DVORAK

Dvorak adalah sebuah tata letak papan ketik yang dipatenkan tahun 1936 oleh August Dvorak (seorang profesor dan psikolog pendidik di University of Washington di Seattle) dan William Dealey.
Meskipun gagal menggantikan tata letak QWERTY, Dvorak didukung oleh semua sistem operasi besar (Microsoft WindowsMac OS XLinux, dan BSD) dengan menyertakan akses bagi pengguna tata letak papan ketik ini di samping tata letak QWERTY.
Gambar 2. 1 Keyboard DVORAK


Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol hurufdengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 % sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang.

Walaupun keyboard jenis DVORAK sudah lebih baik dari pada jenis QWERTY, akan tetapi karena dalam hal pemasarannya dengan jenis QWERTY lebih dulu dan meskipun harus diganti dengan jenis DVORAK, secara otomatis kita akan memerlukan pelatihan baru dan juga berarti perlu biaya tambahan yang harus disangga oleh Perusahaan pembuat keyboard DVORAK. Kemungkinan untuk menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan. Dengan demikian jenis lama (QWERTY) masih tetap digunakan.

C.  Fungsi Keyboard DVORAK

Keyboard ini dirancang untuk memperbaiki efisiensi kerja, namun hingga saat ini keyboard Qwerty lebih diminati.

D. Kenggulan dan Kelemahan Keyboard DVORAK

1. Kelebihan keyboard DVORAK adalah mengurangi kelelahan pada saat mengetik.

  1. Kekurangan keyboard DVORAK adalah tangan kanan akan lebih dibebani lebih banyak pekerjaan dari pada tangan kiri.

E. Perbedaan Keyboard DVORAK dan Keyboard Lainnya

Perbedaan ketiga jenis keyboard ini sangat jelas. Pada keyboar Qwerty, susunan tombol-tombolnya merupakan bawaan dari mesin tik. Urutan abjad pada keyboard Qwerty ini dimulai dari huruf Q-W-E-R-T-Y yang kemudian digunakan sebagai namanya. Pada mulanya susunan abjad pada keyboard ini adalah ABCDEFG, namun karena menghambat maka diubah menjadi Qwerty agar kecepatan mengetik menjadi lebih lambat.

Jenis keyboar kedua adalah DVORAK. Perbedaan mencolok dari keyboard ini dengan Qwerty adalah pada susunan abjadnya di baris kedua dimulai dari huruf PYFGCR. Susunan tombol pada keyboard jenis ini dirancang berdasarkan pada frekuensi penggunaan. Keyboard ini dirancang untuk memperbaiki efisiensi kerja, namun hingga saat ini keyboard Qwerty lebih diminati.

Keyboard Klockenberg adalah keyboard yang diracanng untuk menyempurkanan keyboard yang sudah ada sebelumnya. Penyempurnaan tersebut dilakukan dengan cara memisahkan bagian kiri dan kanan keyboard dan dibuat miring ke awah bawah. Meski bentuk berbeda namun susunan tombol abjad pada keyboard Klockenberg ini mengikuti keyboard QWERTY.


DAFTAR PUSTAKA



Wikipedia, 7 April 2013.Pengertian Keyboard Dvorak.,
URL: https://id.wikipedia.org/wiki/Dvorak diakses pada tanggal 8 Agustus 2018 pada pukul            22.04 WITA

Brainly, 2018. Tugas akhir bridge menghubugkan antar sistem jaringan,.
URL : https://brainly.co.id/tugas/3000193 pada tanggal 6 Agustus 2018 pada pukul 23.09                 WITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar